top of page
  • Gambar penulisIngrid

Tips Cara Mengatasi Anjing Picky Eater

Diperbarui: 3 Mei

Mengatasi anjing yang rewel makan atau sering disebut picky eater.

Jika tip cara cepat mengatasi anjing yang rewel makan tidak berhasil, bisa jadi karena ini sudah jadi kebiasaan mereka. Jangan kawatir, kebiasaan ini masih bisa berubah kok. Diganti dengan kebiasaan baru yang membantu mereka tidak lagi susah makan.


Tips yang kami bagikan ini sudah digunakan banyak dog trainer, disarankan oleh dokter hewan dan kami praktekkan langsung dengan anjing-anjing yang kami rawat.



Anjing Poodle
Anjing Poodle yang terkenal picky eater



Rutinitas


Rutinitas adalah kunci utama dalam menghadapi anjing yang rewel dalam urusan  makan. Penelitian telah menunjukkan bahwa anjing berkembang dengan rutin dan mengulangi pola yang sama setiap hari akan membantu memberi anjing Anda petunjuk tentang apa yang akan terjadi, dan bagaimana mereka harus merespons.


Konsistensi ini membantu mereka merasa aman, tenteram, dan rileks - yang akan mendorong mereka untuk makan.


Beri makan anjing Anda di tempat dan waktu yang sama setiap hari. Pastikan Anda memilih lokasi yang tenang dan jauh dari gangguan, seperti suara keras atau lalu lintas pejalan kaki. Berikan anjing Anda ruang untuk makan dan jauhkan mangkuknya dari tempat sampah dan pintu. Jika Anda memberi mereka makan di dapur, usahakan untuk tidak melakukannya bersamaan dengan saat Anda menyiapkan makanan sendiri.



Aturan 20 menit


Selanjutnya, biasakan meletakkan makanan anjing Anda selama 20 menit lalu mengangkatnya kembali - meskipun ia belum memakannya.


Jika seekor anjing tahu bahwa ia memiliki akses tak terbatas terhadap makanan, kemungkinan besar ia akan rewel dengan apa yang diberikan. Namun begitu mereka menyadari bahwa mereka hanya mempunyai sedikit waktu untuk makan sebelum makanan tersebut diambil, mereka cenderung akan menghabiskan apa yang ada di mangkuk mereka.

Hal ini juga menjaga kesegaran makanan dan membuatnya lebih menggugah selera, karena anjing mungkin tidak menyukai makanan yang terlalu lama disimpan di mangkuknya.



Anjing Siberian Husky
Anjing Siberian Husky yang kadang malas makan kalau kurang olahraga


Jangan Turutin Kebiasaan Rewelnya


Jika anjing anda tidak mau makan, wajar jika pawrent mencoba menyemangati. Baik dengan menemani makan atau bahkan menyuapi.


Meskipun ini adalah pertanda bahwa pawrent sayang dengan anabul tapi ini juga bisa berefek buruk. Kebiasaan ini yang membuat anjing semakin malas makan. Karena mereka akan mengasosiasikan tidak makan sama dengan perhatian lebih dari pawrent.


Selama 20 menit setelah makanannya disajikan. Usahakan pawrent tidak berinterarksi dengan anabul. Biarkan mereka belajar bahwa makan adalah aktifitas yang bisa mereka lakukan sendiri. Tidak harus ditemanin apalagi disuapin.


Setelah 20 menit berlalu, jika makanannya belum dimakan, langsung ambil dan singkirkan makanannya. Jangan berikan makanan lagi sampai jadwal makan berikutnya. Tapi jika mereka sudah menghabiskan makanannya, berikan banyak pujian dan usap-usap. Hal ini akan mengajarkan mereka akan mendapat perhatian jika mereka menghabiskan makanannya.



Timing


Terkadang pawrent memberikan makanan anabul saat akan ditinggal pergi ke kantor. Jadi begitu makanan diletakkan, pawrent langsung berangkat ngantor. Tentu niat pawrent baik, yaitu agar anabul tidak sedih saat ditinggal pawrent. Tapi hal ini juga mengajarkan pada anabul bahwa mereka akan ditinggal oleh pawrentnya.


Logika anabul itu sederhana.

Disiapkan makanan = ditinggal pergi.

Tidak makan = pawrent di rumah dan ditemani.


Pasti mereka lebih memilih tidak makan agar pawrentnya tetap di rumah bersama mereka.



Tingkatkan nafsu makan mereka dengan olahraga


Terkadang, seekor anjing tidak makan hanya karena tidak lapar.

Bangun pagi langsung dapat jerky, brunch dapat susu kambing, lalu disuapin makan siang, cookies di sore hari dan setelahnya pawrent pasti harus mengejar-mengejar anabul untuk makan malam.


Secara hitungan kalori, ini sudah melebihi kebutuhan kalori harian anabul. Terutama untuk anjing kecil yang tidak rutin olahraga. Anjing ras kecil memiliki ukuran lambung yang juga kecil, dengan begitu banyak makanan yang masuk tentu mereka akan merasa kenyang terus. Dan ini membuat mereka malas makan.


Untuk mengatasi hal ini, masukkan rutinitas jalan pagi untuk anabul. Untuk pawrent yang sibuk, bisa menggunakan jasa dog walker untuk mengajak anabul jalan-jalan. Olahraga 30 menit setiap hari bisa membuat anabul aktif, relax dan pasti tidak susah makan lagi.



Kurangi camilan.


Yang terbaik adalah menghilangkan camilan sama sekali sampai anjing Anda makan seperti biasanya. Jika tidak, mereka akan belajar bahwa meskipun mereka tidak makan, mereka tetap mendapat hadiah. Mirip seperti kita yang tidak kekenyangan sebelum makan malam karena sebelumnya udah makan es krim.


Camilan harus digunakan sebagai hadiah, dan tidak boleh melebihi 10% dari asupan kalori harian anabul.


Setelah anabul makan dengan baik, pawrent dapat memberikan camilan sebagai hadiah atau sebagai bagian dari latihan.



Kesimpulannya adalah

  1. Rutin dan konsisten.

  2. Disiplin waktu makan.

  3. Timing yang tepat.

  4. Olahraga agar anjing aktif dan lapar.

  5. No cemilan.




Selamat mencoba.

153 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page