top of page
  • Gambar penulisIngrid

Manfaat hati untuk anjing dan bagaimana mengolah hati untuk makanan anjing dengan aman

Bisakah anjing makan hati? Ya tentu saja. Anjing bukan hanya bisa makan hati, tapi sangat dianjurkan untuk makan hati. Karena hati merupakan sumber nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan dan pertumbuhan anjing peliharaan. 



Hati sapi segar
Hati sapi segar



Mengapa Hati Baik untuk Anjing?


Hati adalah super food sejati untuk anjing! Hati merupakan sumber protein yang baik dan lebih rendah lemak daripada daging. Hati sangat kaya nutrisi sehingga para pakar kesehatan menyebut hati sebagai multivitamin alami. 


Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang ditawarkan hati untuk anjing peliharaan.


Vitamin A

Antioksidan yang kuat. Mendukung pencernaan dan organ reproduksi.


Vitamin D 

Nutrisi yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh. Membantu melindungi dari kanker, penyakit autoimun dan penyakit menular. Mendukung kekuatan otot dan tulang.


Asam folat, vitamin B 

Mendukung kesehatan mental dan saraf. Mereka membantu menghindari kelelahan dan mencegah anemia.


Zat besi 

Membentuk hemoglobin, fungsi otak, mengatur suhu tubuh. Zat besi mengangkut oksigen ke sel-sel darah. Ini meningkatkan daya tahan dan kekuatan anjing Anda. Kekurangan zat besi menguras antibodi dan sel-T dalam sistem kekebalan tubuh.


Mineral lain (seperti tembaga dan seng) 

Mendukung kesehatan tulang dan sendi, kulit, bulu, kekebalan tubuh.




Hati Vs Daging 


Perbandingan nutrisi dalam 100 gram daging sapi dengan 100 gram hati sapi. Hati sapi memiliki : 


6 kali lebih banyak zat besi

23 kali lebih banyak kalsium

2 kali lebih banyak niasin

16 kali lebih banyak vitamin D

100 kali lebih banyak tembaga

5 kali lebih banyak kolin

20 kali lebih banyak seng

260 kali lebih banyak magnesium

6 kali lebih banyak fosfor

1200 kali lebih banyak vitamin A

1300 kali lebih banyak mangan

1/3 jumlah lemak total

1/3 jumlah lemak jenuh



Apakah Hati Aman untuk Anjing?

Hati sangat aman dimakan oleh anjing peliharaan. Dan mitos yang mengatakan jangan makan hati karena bisa menyebabkan keracuna itu tidak benar. Tugas utama hati adalah menyaring racun dari tubuh tetapi hati tidak menyimpan racun tersebut. 


Kecuali jika hewan ternak yang dipotong tersebut, diracun terlebih dahulu sebelum dipotong. Hal ini bisa membuat semua bagian hewan ternak tsb beracun, berbahaya dan tidak bisa dikonsumsi. 



Hati ayam segar
Hati ayam segar


Jenis Hati Apa yang Dapat Dimakan Anjing?

Anjing bisa makan hati berbagai macam hewan ternak, seperti: 

  • Hati sapi 

  • Kambing 

  • Domba 

  • Ayam 

  • Babi 

  • Bebek 

  • Rusa 

  • Ayam kalkun 

  • Dll


Semakin banyak variasi yang mereka makan, semakin beragam nutrisi yang mereka terima. 


Hati ayam vs Hati sapi, mana yang lebih baik untuk anjing?


Sama baiknya. Secara umum, hati sapi memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi daripada hati ayam. Mineral seperti zat besi, kalsium, dan seng. Namun, hati ayam memiliki lebih banyak vitamin A dan D serta beberapa vitamin B.


Hati ayam memiliki sekitar 30% lebih banyak lemak total daripada hati sapi. Dan seperti daging ayam pada umumnya, hati ayam mengandung lebih banyak lemak tak jenuh ganda daripada hati sapi. Namun, jangan terlalu khawatir tentang lemaknya, karena hati lebih rendah lemak daripada daging otot. Hati juga merupakan bagian yang cukup kecil dari makanan anjing Anda.


Mentah vs dimasak, mana yang lebih baik untuk anjing peliharaan? 

Secara nilai nutrisi, tentu hati mentah memiliki nilai nutrisi lebih tinggi daripada hati yang sudah dimasak. Tetapi untuk bisa memberikan hati mentah buat anjing peliharaan, pawrent harus benar-benar memastikan kualitasnya. 


Rekomendasi dokter hewan 

Dokter hewan profesional selalu merekomendasikan untuk memasak terlebih dahulu hati yang akan diberikan buat anabul. Kenapa? Untuk mengurangi bahaya kontaminasi dan pertukaran penyakit dari hewan ternak ke anjing peliharaan dan bisa saja ke manusia. Hati bisa di rebus, ditumis tanpa minyak atau di kukus terlebih dahulu sebelum diberikan untuk anjing peliharaan. 



Liver pate by Pet Meal Box
Liver pate by Pet Meal Box

Berapa Banyak Hati yang Harus Diberikan

Tergantung dari makanan anjing sehari-hari. Jika di dalam makanannya terdapat jerohan lain, seperti jantung atau ampela. Pawrent bisa menambahkan sekitar 5-10% hati di makanannya. 

Jika hati sebagai satu-satunya jeroan di makanan anjing, pawrent bisa menggunakan sampai 25% hati di makanannya. 


Penting diingat: 

  1. Untuk anjing yang baru pertama kali makan hati, jangan berikan dalam porsi besar. Mulai dari menambahkan hati sedikit demi sedikit. 

  2. Jangan gunakan hati lebih dari 50% makanan anjing. Kebanyakan makan hati juga tidak baik untuk kesehatan anjing peliharaan. 


2 Alasan untuk Tidak Memberi Makan Hati Berlebihan


Ada beberapa alasan untuk tidak memberi hati berlebihan!


1. Keracunan Tembaga


Jika Anda memiliki Bedlington Terrier, jangan memberi hati berlebihan. Ada beberapa anjing yang memiliki masalah dengan metabolisme tembaga. Hati mengandung banyak tembaga. Bedlington Terrier secara genetik kurang mampu mengeluarkan tembaga. Ras lain yang rentan terhadap keracunan tembaga termasuk Doberman, West Highland White Terrier, Skye Terries, Dalmatians, dan Labrador Retriever.


Ini adalah masalah yang akan menumpuk seiring waktu. Anda mungkin tidak akan melihat perubahan yang tiba-tiba. Jadi, perhatikan tanda-tanda penyakit hati akibat keracunan tembaga, seperti: 


  • Penurunan berat badan

  • Nafsu makan berkurang

  • Buang air kecil berlebihan

  • Diare

  • Muntah terus-menerus


Konsultasikan dengan dokter hewan jika melihat masalah ini. Pemeriksaan darah juga dapat menunjukkan enzim hati yang lebih tinggi  seperti alanine transaminase (ALT).


Namun, tetap aman untuk memberikan hati pada anjing Anda. Jumlah tembaga yang direkomendasikan AAFCO untuk anjing dewasa adalah 20 mg per 1000 kalori per hari. Itu adalah jumlah minimum dan mereka tidak memberikan batas atas. Ini adalah jumlah tembaga dalam 100g berbagai hati jadi Anda dapat melihat bahwa Anda akan cukup aman dengan ayam, kalkun, atau babi


Ayam 0,492 mg

Daging babi 0,677 mg

Kalkun 0,863 mg

Bebek 5,962 mg

Daging domba 6,979 mg

Daging sapi 9,755 mg

Daging sapi muda 11,865 mg


2. Kelebihan Vitamin A


Beberapa pemilik anjing mengkhawatirkan kelebihan vitamin A. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kerusakan hati dan dekalsifikasi tulang dan gigi. Namun, kecil kemungkinan Anda akan mengalaminya jika memberi makan hati. Vitamin A maksimum yang direkomendasikan AAFCO adalah 62.500 IU per 1000 kalori.

100 g hati sapi mengandung 135 kalori, dengan 16.989 IU vitamin A

100 g hati ayam mengandung 119 kalori, dengan 11.078 IU vitamin A


Jadi, kecil kemungkinan anjing mengalami kelebihan vitamin A. Kecuali anjing tsb cuma makan hati saja sebagai menu harian selama bertahun-tahun. 



Hati dalam Cooked Dog Food by Pet Meal Box 

Pet Meal Box hati sapi dan hati ayam sebagai salah satu bahan campuran di cooked dog food beef dan cooked dog food chicken. Hati tsb di kombinasikan dengan daging, buah dan sayur untuk memperkaya nutrisinya. Dengan komposisi yang sudah diatur oleh dokter hewan dan nutrisionis, membuat dog food Pet Meal Box memiliki nutrisi yang seimbang. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anjing peliharaanmu. 


Liver Pate 

Untuk pemilik anjing yang menggunakan dry food/kible dan ingin menambahkan hati di menu makanan anabul, bisa menggunakan Liver pate. 

Liver pate ini terinspirasi dari kuliner prancis dengan nama yang sama dan dimasak dengan cara dan teknik yang sama. Tapi sudah disesuaikan untuk anjing peliharaan. Jadi aman untuk tambahan makanan anjing peliharaan.


70 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page