top of page
  • Gambar penulisIngrid

Manfaat chia seed untuk kesehatan anjing peliharaan

Chia seed adalah salah satu superfood yang bermanfaat untuk kesehatan anjing peliharaan. Buat pawrent dengan gaya hidup vegan atau healthy lifestyle, tentu sudah tidak asing dengan superfood satu ini. Yang ternyata selain bermanfaat untuk pawrent, juga bermanfaat untuk anabul. Apa saja kandungan chia seed dan apa manfaatnya untuk anabul, baca dibawah ya. 




Apa itu chia seed 

Chia seed adalah biji-bijian kecil berwarna hitam yang mudah menyerap air dan dikenal sebagai super food karena kandungan nutrisinya yang berlimpah. Chia seed dipanen dari tanaman sejenis mint yang tumbuh di Peru, Paraguay, Ekuador, Meksiko, dan Australia. Kenapa chia seed disebut sebagai super food, baca di bagian nutrisi chia seed. 



Nutrisi chia seed 

Omega-3 

Informasi yang banyak beredar, Salmon adalah sumber Omega-3 yang tinggi. Tapi tahukah kamu, bahwa chia seed memiliki kandungan Omega-3 3x lipat lebih banyak daripada ikan salmon. Omega-3 membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu anjing, kesehatan mata dan otak, serta kesehatan jantung. Asam lemak ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi, yang mencegah masalah kesehatan jantung.



Serat 

Chia seed memiliki nilai kandungan serat yang sangat tinggi dibandingan dengan kacang-kanganan dan biji-bijian lainnya. Chia seed mengandung 35 gram serat per 100 gram.


Menurut penelitian, konsumsi serat yang tinggi bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes dan Serat dalam chia seed juga membantu menjaga kesehatan pencernaan anjing peliharaan. Serat juga membantu tubuh anjing menyerap nutrisi dengan lebih baik dan lebih efisien. Selain itu serat juga membantu anjing kenyang lebih lama dan hal ini sangat membantu menjaga berat badan anabul kesayanganmu. 



Protein 

Chia seed mengandung sekitar 24 gram protein per 100 gram chia seed. Yang membuat spesial kandungan protein ini adalah keragaman kandungan asam amino yang dimiliki chia seed. Berikut asam amino dalam chia seed, arginin, leusin, fenilalanin, valin dan lisin. Selain itu juga ada  asam amino endogen, terutama asam glutamat dan aspartat, alanin, serin dan glisin.


Asam amino ini berperan penting dalam membantu tubuh anjing memecah makanan, untuk tumbuh dan berkembang, memperbaiki jaringan tubuh dan menjalankan fungsi tubuh lainnya. Asam amino juga dapat digunakan sebagai sumber energi. Ada 9 asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh dan karenanya harus berasal dari makanan. Asam amino tersebut adalah: histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan, dan valin.Asam amino tsb adalah asam amino essential yang dibutuhkan anjing untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. 


Manfaat asam amino dalam kesehatan anjing: 


  1. Melindungi usus dan fungsi saraf. 

  2. Mengatur tekanan darah. 

  3. Membentuk energi dalam otot rangka

  4. Menjaga sistem kekebalan tubuh. 

  5. Menjaga kesehatan jantung. 



Mineral 

Dalam 100 gram Chia seed terdapat 

  • 860 - 919 mg fosfor. Fosfor bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.

  • 456 - 631 kalsium. Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga sirkulasi darah, sistem saraf dan jantung. 

  • 407 - 726 mg potasium. Potassium Penting untuk menjaga fungsi sel, saraf dan otot. 

  • 407 - 449 mg magnesium. Magnesium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta fungsi otot. 


Dengan begitu banyaknya mineral dalam chia seed, penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi chia seed, bisa meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini sangat bermanfaat untuk anjing yang aktif agar tidak mudah cedera. 



Bagaimana cara memberikan chia seed yang aman untuk anjing peliharaan 

Tuang chia seed kedalam mangkok, rendam dalam air sekitar 2 menit, dan tuang chia seed yang sudah menjadi gel ke dalam makanan anjingmu. 


Cari ini jauh lebih aman untuk anjing berbagai ukuran dan memudahkan tubuh anjing mencerna chia seed tsb. 





Daftar dog food yang terdapat kandungan chia seed di dalamnya




11 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page