top of page
  • Gambar penulisIngrid

Panduan Lengkap Tentang Makanan Anjing Siberian Husky

Siberian Husky adalah anjing unik dan cerdas yang membutuhkan perawatan dan perhatian khusus, termasuk memilih makanan anjing yang tepat. Memberi makan husky dengan makanan yang tepat sangat penting untuk kesehatannya. Namun, dengan banyaknya pilihan, memilih makanan anjing terbaik untuk husky bisa terasa membingungkan.


Memahami kebutuhan nutrisi ras anjing yang cantik ini dan bahan serta jenis makanan anjing yang harus dicari dapat membantu Anda membuat pilihan yang tepat untuk husky Anda.



anjing siberian husky
Anjing Siberian Husky



Kebutuhan Nutrisi Anjing Husky


Anjing Husky adalah ras anjing yang energik dan membutuhkan diet khusus untuk mendukung gaya hidup aktifnya. Anjing ini membutuhkan sekitar satu hingga dua cangkir makanan padat nutrisi per hari, seperti cooked dog food.


Anjing husky butuh mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk mempertahankan massa otot dan tingkat energi. Penelitian yang dilakukan di anjing husky kelas pekerja, menemukan bahwa anjing husky membutuhkan antara 24 dan 32 persen protein untuk mempertahankan volume sel darah merah yang sehat.


Anjing husky juga membutuhkan diet dengan sekitar 20 persen lemak sehat, rasio asam lemak omega-3 dan omega-6 yang seimbang, dan 30 persen karbohidrat kompleks untuk menjaga bulunya tetap berkilau dan mendukung olahraga hariannya.



Apa makanan anjing husky 

Makanan terbaik untuk anjing husky adalah makanan yang seimbang dan sesuai dengan tahap perkembangan dan kebutuhan energinya. Makanan ini biasanya mencakup kombinasi protein berkualitas tinggi, lemak sehat, vitamin, mineral dan serat dari sayuran. 



5 Komponen utama makanan anjing siberian husky

1. Protein dari sumber daging berkualitas

2. Asam lemak esensial dan omega

3. Karbohidrat dalam jumlah kecil dari sayuran/herbal/beri

4. Vitamin dan mineral alami dari tulang dan sumber tanaman

5. Hidrasi – makanan dengan kadar air tinggi dan air minum



Protein 

Saat memilih makanan untuk Siberian Husky Anda, pilihlah makanan yang mengandung sumber protein hewani berkualitas tinggi, seperti daging sapi, ayam, kalkun, domba, bebek, telur, dan ikan.


Protein adalah nutrisi terpenting dalam makanan Siberian Husky Anda; protein merupakan nutrisi penting yang berkontribusi pada efisiensi optimal semua sel, sistem, dan fungsi tubuh.


Protein memiliki peran penting dalam kesehatan anjing siberian husky seperti: 

  1. Memberikan energi yang konsisten

  2. Membangun dan memperbaiki otot.

  3. Membentuk kulit, rambut, kuku, dan jaringan baru lainnya.

  4. Menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

  5. Membuat hormon, enzim, dan antibodi.


Lemak 

Lemak merupakan nutrisi terpenting kedua dalam makanan anjing. Lemak yang seimbang sangat penting untuk kesehatan yang optimal, dan juga menyediakan energi. Lemak makanan umumnya disebut sebagai trigliserida. Ada dua jenis trigliserida, lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Keduanya penting dalam makanan anjing, tetapi menjaga keseimbangan yang tepat adalah kuncinya.


Lemak jenuh berasal dari sumber hewani, meningkatkan rasa dan tekstur makanan anjing Anda, dan membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak.


Asam lemak esensial adalah lemak tak jenuh seperti Omega-3, (EHA, DHA, dan ALA), Omega-6+9, (LA + AA) sangat penting untuk perkembangan, struktur, dan fungsi sel-sel tubuh. Jika seimbang, lemak ini meningkatkan kesehatan bulu, kulit, mata, sistem saraf, mengendalikan hormon, memberi bahan bakar pada otak dan pembelajaran, serta mengurangi peradangan.


Karbohidrat 

Meskipun tidak dianggap sebagai nutrisi penting bagi anjing, sejumlah kecil karbohidrat dari sumber nabati memiliki fungsi penting dalam tubuh anjing. Karbohidrat, seperti sayur-sayuran dan beberapa buah-buahan, menyediakan serat, prebiotik (makanan untuk bakteri baik), dan antioksidan yang tidak ditemukan dalam daging saja.


Anjing adalah karnivora, tetapi mereka dapat memperoleh manfaat dari beberapa tumbuhan dalam makanan mereka untuk kesehatan yang optimal.



Vitamin dan Mineral Alami 

Seperti halnya anjing liar, anjing peliharaan juga bisa memanfaatkan vitamin dan mineral alami yang terkandung di dalam berbagai macam bahan makanan. Seperti jeroan yang sebagai multivitamin alami untuk anjing karena kepadatan makronutrien (lemak, karbohidrat, dan protein) dan mikronutrien (vitamin dan mineral). Sayuran dan beberapa buah menawarkan keragaman fitonutrien dan senyawa lain yang menutrisi sel-sel tubuh, sehingga mendukung kesehatan optimal sistem dan fungsi vital tubuh.




Air 

Air sangat penting untuk fungsi fisiologi anjing yang baik. Faktanya, tubuh anjing terdiri dari sekitar 70% air. Dengan demikian, air merupakan nutrisi penting untuk semua sel, sistem, dan fungsi, termasuk:

  1. Pengaturan suhu tubuh

  2. Menjaga fungsi organ yang sehat.

  3. Pencernaan dan penyerapan nutrisi.

  4. Detoksifikasi; air membantu mengeluarkan racun dan produk limbah dari tubuh.

  5. Mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk kerusakan ginjal dan sengatan panas.

  6. Pelumasan dan bantalan sendi, sehingga mendukung kemudahan bergerak.


Makanan matang mengandung air yang jauh lebih banyak daripada dry food atau kible. Hal ini bisa membantu memastikan anjingmu terhidrasi dengan baik. Terutama untuk anjing husky yang suka bermalas-malasan jika disuruh minum air bersih. 



Feeding guide 

Berapa banyak anjing husky makan

Ras: Siberian Husky 

Berat badan: 16 kg - 27 kg 

Porsi makan: 320 gr - 540 gr per hari. Bisa dibagi jadi 2x makan pagi dan sore. Porsi makan juga bisa disesuaikan dengan tingkat aktifitas anabul hari itu. Terkadang ditambah jika anabul diajak trekking. Bisa juga dikurangi jika anabul sudah terlalu gendut dan chubby. 



Harga makanan anjing husky 

Kami di Pet Meal Box menyediakan cooked dog food dengan harga yang ramah di kantong. Selain itu, semua varian dog food Pet Meal Box resepnya dirancang oleh dokter hewan dah ahli gizi. Sehingga menghasilkan dog food yang memiliki nutrisi seimbang, lengkap dan pasti disuka anabul. 


Daftar harga makanan siberian husky by Pet Meal Box 

  1. Cooked dog food chicken 500 gr: 40ribu. 

  2. Cooked dog food beef 500 gr: 62ribu.

  3. Cooked dog food rabbit 500 gr: 85ribu. 

  4. Cooked dog food lamb 500 gr: 85 ribu. 

  5. Cooked dog food fish 500 gr: 55ribu. 

  6. Cooked dog food duck 500 gr: 42ribu. 


Komposisi dan informasi nilai nutrisi bisa dicek di kemasan masing-masing varian.





31 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page